top of page
Search
  • Writer's pictureBPSM FK UKI

Donasi Bersama Peduli Tenaga Kesehatan

Saat ini kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat dan ditengah penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, seluruh Rumah Sakit tetap membuka layanan pengobatan bagi para pasien. Seiring bertambahnya kasus COVID-19 di Indonesia semakin tinggi juga risiko paparan bagi tenaga kesehatan ditambah perihal adanya kelangkaan alat pelindung diri (APD). Menyadari situasi tersebut, BPSM FK UKI menggalang dana dan donasi untuk penyediaan APD serta kebutuhan logistik Rumah Sakit yang membutuhkan.


Penggalangan donasi ini dimulai pada tanggal 28 Maret 2020 melalui media sosial BPSM dan jaringan komunikasi yang dikelola Biro Informasi dan Komunikasi dari Departemen Kemahasiswaan BPSM FK UKI. Cara menggalang donasi ini sangat kental dengan asas yang dibangun FK UKI — bahkan UKI sendiri — yaitu kekeluargaan. Banyak kalangan mulai dari mahasiswa, orang tua mahasiswa, alumni FK UKI, bahkan alumni FE UKI pun turut terlibat. Hingga saat ini, telah terkumpul dana sebesar Rp 54.088.034 dan beberapa barang kebutuhan pelayanan kesehatan yang saat ini mengalami kelangkaan.


Pada hari tanggal 29 Maret 2020, IKAFAKED UKI telah menerima bantuan berupa disinfektan dan segera disalurkan kepada RSU UKI melalui Direktur Utama, dr. Setiawan, MARS.


Keesokan harinya, tanggal 30 Maret 2020, BPSM FK UKI, diwakili oleh Indradewa Djanning Madao sebagai anggota Biro Informasi dan Komunikasi dan Muhammad Varhan sebagai anggota Biro Pendidikan dan Profesi, menyerahkan hasil penggalangan donasi berupa uang tunai serta keperluan logistik rumah sakit kepada direksi RSU UKI, dr. Desy Simanjuntak, MARS dan jajarannya.


Pada tanggal 26 Mei 2020, perwakilan BPSM FK UKI yaitu Lawrent Ernts Sumilat sebagai kepala Departemen Pendidikan telah melakukan penyerahan bantuan APD berupa hazmat suit, masker, gloves, goggle dan helm kepada RS UKI, RS Tebet dan PUSKESMAS Cawang.


Bantuan APD tersebut juga disalurkan melalui kurir ke pelayanan kesehatan lain yaitu RS Tarakan, RS Sinatala, RS Cibinong dan RS Cikini.


Melalui artikel ini, kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepercayaan dari segenap civitas akademika FK UKI dan lainnya atas kerja samanya sehingga penyaluran donasi APD ini berjalan dengan lancar.


Kiranya seluruh bantuan ini dapat menjadi berkat bagi mereka yang membutuhkan serta menjadi berkat bagi kita semua.



12 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page