top of page
Search
  • Writer's pictureBPSM FK UKI

Education Year 2020

Education Year 2020 atau yang sering dikenal dengan EDUYEAR 2020 merupakan kumpulan dari serangkaian acara yang terdiri dari talk show, seminar serta ajang perlombaan mengenai biomedik dan penelitian kedokteran di kancah dunia internasional.


Tahun ini EDUYEAR mengangkat tema NEMATODIASIS: New Emerging Tropical Disease yang memiliki fokus utama dalam bidang ilmu kedokteran infeksi tropis. EDUYEAR 2020 dimulai dengan dibukanya acara Sharing With The Expert (SWTE) pada 5 Desember 2020 via ZOOM Meeting. SWTE merupakan acara berkonsep talk show yang mengundang narasumber profesional dalam bidangnya untuk berbagi tentang pengalaman dan topik hangat seputar profesi dokter di Indonesia.


SWTE menghadirkan para dokter dan ahli kesehatan ternama serta berpresetasi dengan berbagai macam latar belakang diantaranya dr. Lie Augustinus Dharmawan, Ph.D, FICS, Sp.B, Sp. BTKV. Beliau terkenal sebagai penggagas Rumah Sakit Apung, penerima Penghargaan Lencana Bakti Kesra Utama dari Kementrian Koordinator Bidang Kesejaterahan Rakyat, penerima Penghargaan KICK ANDY HERO Awards 2014 di bidang Kesehatan, penerima Penghargaan MURI dalam kategoti “Pengobatan Gratis dengan Peserta Terbanyak” dan prestasi – prestasi lainnya. Narasumber SWTE yang lain juga terdapat dr. Frida Susana Wanane yang menjabat sebagai direktur RSUD Papua Barat yaitu rumah sakit rujukan COVID-19 di Papua Barat, dr. Stanley Setiawan Sp.KK yang berhasil mendirikan Erha Clinic Pondok Indah serta Dwi Handayani, SKM, MPH yang menjabat sebagai IFRC Health Manager in International Fedration of Red Cross and Red Crescent Socities Country Cluster Support Team (CSST) for Indonesia and Timor Leste sebagai exclusive speaker dari IRFC pun ikut serta dalam acara talk show ini. SWTE sendiri dimoderatori oleh drg. Stephanie Cecillia., M.I.kom.


Rangkaian acara kedua EDUYEAR 2020 adalah International WEBINAR. International WEBINAR merupakan seminar online yang membawa topik – topik diskusi menarik yang akan dibahas dari berbagai perspektif global oleh para narasumber ahli yang diikuti oleh para peserta serta pembicara dari luar maupun dalam negeri. Tropical Infection Disease Around Us: What’s Our Challenge? merupakan tema International WEBINAR 2020 yang dibawakan dalam dua hari yaitu 12 – 13 Desember 2020. Hari pertama Internation WEBINAR yang dimoderatori oleh dr. Kurniyanto, Sp. PD diisi oleh Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp. A(K) dengan topik Nutrition, infection and stunting: the roles of deficiencies of individual nutrients and foods, and of inflammation, as determinants of reduced linear growth of children. Topik kedua yang berjudul Challenges and Recent Progress in Drug Discovery for Tropical Infection Diseases dibawakan oleh Dr. med. dr. Abraham Simatupang, M.Kes.


Hari kedua WEBINAR International dimoderatori oleh Marliana Nurprilinda, dr, SpPA, MH(Kes) dan Prof. Dr. dr. Retno Wahyuningsih, M.S sebagai pembicara pertama dengan topik Intestinal Helminth Infection and Its Systemic Impact dan dilanjutkan oleh dr. Karina Widowati M.P.H dari UNICEF dengan topik Malnutrition and Infection Diseases on Mother and Children: Insight, Advances, and Challenges.


EDUYEAR 2020 menutup acaranya dengan rangakaian acara ketiganya yaitu EDUFAIR yang dilaksanakan pada 18 – 20 Desember 2020. EDUFAIR sendiri merupakan ajang perlombaan untuk mengembangkan minat serta pengetahuan medis para peserta lomba yang dapat diikuti oleh mahasiswa kedokteran dan bidang kesehatan hingga siswa siswi tingkatan SMA. EDUFAIR terdiri dari banyak kompetisi diantaranya Indonesia Tropical Medicine Olympiad (ITMO), scientific paper, health paper atau makalah kesehatan serta public poster.


Dengan suksesnya penyelanggaran acara internasional pertama yang dilaksanakan oleh mahasiswa FK UKI, BPSM ingin mengucapkan apresiasi dan terima kasih besar atas seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan acara ini.


Semoga acara ini dapat bermanfaat dan menjadi berkat menjadi bagi civitas FK UKI dan semua serta dapat memberikan citra baik bagi Universitas Kristen Indonesia kepada masyarakat umum sekitar.



82 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page